Puisi : Sekelam Abu

Gambar
Oh, kisah cintaku Mengapa engkau sekelam abu? Terlalu dalam cintaku padamu Hingga aku rela kehilanganmu Asal kau bahagia selalu Sadarlah, rasakanlah getaran hatiku Saat ku melihat nan indah senyummu Saat kau menatapku, duniaku seakan berhenti Hanya berpusat padamu Jikalau matahari yang menerangi dunia Engkaulah matahariku Kau seperti cahaya terang Yang menyinari hatiku Yang menarikku dari kekelaman Kau seakan bunga mawar Sangat cantik, namun berduri Ku tak bisa meraihmu tanpa terluka Hanya bisa memandangmu dari jauh Kau seperti bunga yang indah di kebun Nan cantik, nan indah Tetapi tidak bisa kupetik Karena kau milik orang lain Tidak kusangka hari ini akan datang Hari di mana aku kehilangan dirimu Hari di mana aku menyaksikanmu di altar Mengucapkan janji suci Dengan orang lain, dan bukan diriku Ku hanya bisa tersenyum Menahan tangis di hatiku Oh, betapa terlambatnya diriku Aku telah kehilangan orang yang sangat kucintai Namun aku terima semua y

INFO TEKS NEGOSIASI





        Di dalam teks negosiasi terdapat pengajuan, penawaran, dan persetujuan. Berikut ini penjelasannya.
1. Pengajuan merupakan tahapan awal dalam negosiasi. Salah satu pihak mengajukan usulan dalam proses negosiasi, misalnya menawarkan harga dalam proses jual beli. Kemudian, pihak yang lain mengajukan tanggapan terkait usulan yang diutarakan pihak pengajuan.

2. Penawaran merupakan inti dalam negosiasi. Dikatakan demikian karena dalam penawaran, pihak-pihak yang terlibat melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama.

3. Persetujuan biasanya terjadi ketika pihak yang mengajukan pengajuan menyepakati tentang apa yang dinegosiasikan.



        Dalam negosiasi tidak hanya berbentuk lisan atau dialog, tetapi terdapat negosiasi tulisanj. Negosiasi tulisan biasanya ditemukan pada surat. Adapun penawaran dalam bentuk lain, seperti brosur yang pernah kita lihat.

        Segala sesuatu tentu memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk dalam negosiasi. Kelebihan dalam negosiasi adalah sebagai berikut.
1. Negosiasi dapat memberikan kemudahan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi untuk menentukan pilihannya.

2. Negosiasi tidak bergantung pada norma hukum.

3. Negosiasi dapat memberikan ruang kepada pihak-pihak yang bernegtosiasi untuk menentukan kesepakatan bersama sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

4. Semua pihak berhak memperoleh kesempatan untuk menjelaskan berbagai persoalan ketika bernegosiasi.



        Adapun kelemahan dalam negosiasi adalah sebagai berikut.
1. Negosiasi tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya kesepakatan antara pihak-pihak yang bernegosiasi.

2. Sulit untuk melakukan negosiasi apabila posisi pihak-pihak yang melakukan negosiasi tidak seimbang.

3. Ketika bernegosiasi, hasilnya tidak dapat diputuskan secara langsung.

        Upaya negosiasi diperlukan apabila Anda tidak mempunyai pilihan yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi atau mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan. Selain itu, Anda tidak mempunyai kekuasaan untuk memaksakan suatu hasil yang Anda inginkan. Keberhasilan negosiasi Anda dipengaruhi oleh kekuasaan atau otoritas dari pihak lain.



        Ciri-ciri kebahasaan dalam teks negosiasi , antara lain:
1. menggunakan bahasa yang santun
2. terdapat ungkapan yang bersifat persuasif ( mengajak, membu8juk)
3. kadang kala terdapat kalimat yang bersfiat memerin tah, memaksa
4. adanya pasangan tuturan/partisipan
5. Jika berbentuk dialog, maka terdapat tanda baca titik dua (:) dan tanda petik ("...")

Setelah Anda menentukan topik dan menyusun kerangka dalam teks negosiasi, selanjutnya Anda harus mengembangkan karangan menjadi teks negosiasi. Membuat teks negosiasi tetap harus memperhatikan EBI ( Ejaan Bahasa Indonesia ) dan aspek kebahasaan. Anda dapat merevisi teks negosiasi yang telah Anda buat bersama teman-teman Anda.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Debat