Puisi : Sekelam Abu

Gambar
Oh, kisah cintaku Mengapa engkau sekelam abu? Terlalu dalam cintaku padamu Hingga aku rela kehilanganmu Asal kau bahagia selalu Sadarlah, rasakanlah getaran hatiku Saat ku melihat nan indah senyummu Saat kau menatapku, duniaku seakan berhenti Hanya berpusat padamu Jikalau matahari yang menerangi dunia Engkaulah matahariku Kau seperti cahaya terang Yang menyinari hatiku Yang menarikku dari kekelaman Kau seakan bunga mawar Sangat cantik, namun berduri Ku tak bisa meraihmu tanpa terluka Hanya bisa memandangmu dari jauh Kau seperti bunga yang indah di kebun Nan cantik, nan indah Tetapi tidak bisa kupetik Karena kau milik orang lain Tidak kusangka hari ini akan datang Hari di mana aku kehilangan dirimu Hari di mana aku menyaksikanmu di altar Mengucapkan janji suci Dengan orang lain, dan bukan diriku Ku hanya bisa tersenyum Menahan tangis di hatiku Oh, betapa terlambatnya diriku Aku telah kehilangan orang yang sangat kucintai Namun aku terima semua y

Teks Debat

Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan maupun kelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah ataupun perbedaan.

Berikut adalah contoh teks debat mengenai larangan memakai telepon genggam saat pembelajaran:

Pembicara Pertama Tim Pro
Salam sejahtera hadirin sekalian dan rekan-rekan tim kontra yang saya hormati. Perkenalkan saya pembicara pertama dari tim pro, di mana tugas saya adalah untuk mendefinisikan topik yang akan diperdebatkan pada kali ini, kemudian memberi dasar argumen kami. Selanjutnya, rekan kedua kami akan menanggapi pernyataan dari tim kontra dan sekaligus memperkuat argumen kami dengan contoh-contoh yang konkrit. Terakhir, pembicara ketiga kami akan menanggapi kembali pernyataan dari tim kontra sekaligus merangkum pernyataan pertama dan kedua kami.

Hadirin sekalian, mosi debat kami pada kesempatan kali ini adalah Larangan Memakai Telepon Genggam Saat Pembelajaran. Belum banyak sekolah di Indonesia yang memperbolehkan penggunaan telelon genggam saat pemberlajaran, hanya sebatas diperbolehkan membawa saja, tetapi tidak diperkenankan untuk memakainya saat pemberlaharan berlangsung. Mengapa hal tersebut terjadi? Dikarenakan hal terdebut dapat mengurangi konsentrasi siswa dan dapat disalahgunakan oleh siswa. Kami sebagai tim pro, setuju dengan larangan tersebut. Kemudian, mengenai aktivitas siswa. Aktivitas pembelajaran dapat menjadi terganggu dikarenakan penggunaan telepon genggam, misalnya siswa menjadi tidak fokus pada pembelajaran dikarenakan mungkin banyak notifikasi yang masuk. Pikiran siswa menjadi terbelah dua antara telepon genggam dan aktivitas belajar. Kemudian, siswa dapat menyalahgunakan handphone dan malah justru main game atau bahkan menyontek. Sekian pernyataan pertama dari tim kami, tim pro. Kami serahkan kepada tim kontra.

Pembicara Pertama Tim Kontra
Salam sejahtera hadirin sekalian dan rekan tim pro yang terhormat, terima kasih atas argumen yang telah diberikan. Saya selaku pembicara pertama dari tim kontra akan mengungkapkan argumen kami. Bolehkah kami bertanya mengenai perkembangan teknologi saat ini? Begitu pesat,bukan? Lalu bagaimana dengan metode pembelajaran saat ini? Apakah sama dengan metode belajar dulu? Apakah tidak ada perkembangan? Ya, metode belajar masih tetap sama dan tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Penggunaan handphone dan gadget dapat mendorong perkembangan metode belajar di sekolah. Akan lebih mudah untuk belajar melalui media digital. Sekarang pun banyak materi-materi yang diberikan lewat internet. Lalu, siswa dapat dengan mudah mencari tahu berbagai hal lewat internet, akan lebih mudah jika setiap siswa membawa hp sendiri. Sekian pendapat pertama dari tim kontra. Terima kasih.

Pembicara Kedua Tim Pro
Salam sejahtera, saya selaku pembicara kedua tim pro akan menanggapi pernyataan yang telah diberikan oleh pembicara tim kontra. Menurut saya, masih banyak siswa yang bahkan tidak mampu untuk membeli hp, apa yang akan terjadi dengan mereka? Apakah mereka harus dipaksakan untuk membelinya? Lagipula, jika segalanya dijadikan lewat media digital, apakah hal tersebut dapat meningkatkan niat siswa untuk belajar? Justru karena pembelajaran lewat media digital sangatlah simpel, bukankah mereka akan justru menjadi malas untuk mempelajarinya? Lalu, bukankah tugas guru menjadi tidak terlalu penting dikarenakan internet? Bukankah lebih baik untuk mencatat secara manual agar setidaknya murid dapat mengingat ilmu-ilmu yang telah diberikan melalui metode pencatatan secara manual? Lagipula, ada kemungkinan terjadi diskriminasi atas handphone yang dimiliki. Sekian pendapat dari saya, terima kasih.

Pembicara Kedua Tim Kontra
Salam, saya pembicara kedua tim kontra akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh tim pro. Menurut kami, sekolah-sekolah tidak perlu memaksakan murid-murid untuk membelinya, berhubung masih banyak keluarga yang berkekurangan. Lalu, dengan media internet serta digital, bukankah segala sesuatu menjadi lebih mudah? Bukankah belajar menjadi lebih seru dan menyenagkan? Menurut kami, materi-materi yang diberikan sekolah sudah seharusnya dijelaskan terlebih dahulu oleh guru lalu pada kemudian hari baru diberikan lewat internet demi kemudahan. Lalu masalah catat mencatat, bukankah akan lebih rapi jika menggunakan media digital? Lagipula banyak murid yang mungkin malas untuk mencatat. Jikalau masalah diskriminasi dapat diatasi dengan pembimbingan guru untuk mengajarkan murid menjadi teladan yang baik dan menjauhi diskriminasi di sekolah. Sekian argumentasi dari kami, terima kasih.

Pembicara Ketiga Tim Pro
Salam, saya pembicara ketiga tim pro. Terima kasih atas seluruh argumen daripada tim kontra. Saya akan memberikan kesimpulan bahwa larangan penggunaan telepon genggam dalam saat pembelajaran merupakan suatu aturan yang perlu dipatuhi oleh sekolah-sekolah. Tidak hanya penggunaan telepon genggam akan menimbulkan kurangnya fokus siswa, tetapi juga dapat terjadi penyalahgunaan atau bahkan diskriminasi. Mungkin boleh untuk membawa telepon genggam, seperti banyak SMA yang memperbolehkan hal tersebut, tetapi dilarang untuk menggunakannya di kelas. Kecuali jikalau ada saat-saat di mana siswa harus searching di internet. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan cara membimbing siswa ke laboratorium komputer yang telah disediakan sekolah, atau bahkan jikalau tidak punya, dapat dibantu oleh guru-guru. Sekian kesimpulan dari kami, sekali lagi kami tegaskan dilarang menggunakan telelon genggam saat aktivitas belajar berlangsung. Sekian, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Pembicara Ketiga Tim Kontra
Salam, saya sebagai pembicara terakhir dari tim kontra akan menyimpulkan pendapat-pendapat yang telah kami utarakan. Terima kasih atas seluruh pendapat yang diberikan oleh tim pro. Saya akan menyimpulkan bahwa seiring perkembangan zaman, teknologi berkembang dengan pesat, namun cara belahar sama sekali tidka berkembang. Oleh karena itu, kita harus mulai membuat perubahan, salah satunya dengan cara menggunakan gadget saat belajar. Di era yang serba digital ini, mudah sekali untuk mendapat informasi-informasi lewat internet. Lagipula, sekarang pun sudah mulai terdaoat google classroom, yang sudah digunakan berbagai sekolah. Kita harus memulai reformasi metode belajar. Dengan penggunaan gadget, belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Sekian kesimpulan dari kami, tim kontra. Sekali lagi kami tegaskan bahwa kita harus melakukan perubahan terhadap metode belajar. Atas perhatian hadirin sekalian, kami ucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFO TEKS NEGOSIASI