Puisi : Sekelam Abu

Gambar
Oh, kisah cintaku Mengapa engkau sekelam abu? Terlalu dalam cintaku padamu Hingga aku rela kehilanganmu Asal kau bahagia selalu Sadarlah, rasakanlah getaran hatiku Saat ku melihat nan indah senyummu Saat kau menatapku, duniaku seakan berhenti Hanya berpusat padamu Jikalau matahari yang menerangi dunia Engkaulah matahariku Kau seperti cahaya terang Yang menyinari hatiku Yang menarikku dari kekelaman Kau seakan bunga mawar Sangat cantik, namun berduri Ku tak bisa meraihmu tanpa terluka Hanya bisa memandangmu dari jauh Kau seperti bunga yang indah di kebun Nan cantik, nan indah Tetapi tidak bisa kupetik Karena kau milik orang lain Tidak kusangka hari ini akan datang Hari di mana aku kehilangan dirimu Hari di mana aku menyaksikanmu di altar Mengucapkan janji suci Dengan orang lain, dan bukan diriku Ku hanya bisa tersenyum Menahan tangis di hatiku Oh, betapa terlambatnya diriku Aku telah kehilangan orang yang sangat kucintai Namun aku terima semua y

Teks Biografi

Teks biografi merupakan teks naratif yang menceritakan seorang tohoh secara objektif. Adapun biografi biasa dikenal juga dengan riwayat hidup. Biografi adalah teks yang berupa catatan yang mengturaikan perjalanan hidup tokoh beserta dengan permasalahan dan prestasi yang pernah dialami tokoh tersebut. Namun, tokoh yang dimuat dalam teks biografi tidak sembarangan. Tokoh yang pantas ditulis ke dalam teks biografi adalah tokoh yang memiliki dedikasi dan prestasu di bidang tertentu sehingga layak dicatat dalam sejarah.

Teks biografi tidak hanya berisi tentang tanggal lahir dan tempat lahir, tetapi berisi tentang hal-hal yang lebih kompleks. Misalnya, perasaan tokoh yang terlibat dalam kejadian-kejadian yang ia alami harus tergambar secara detail sehingga pembaca pun dapat merasakan perjuangan dan pengorbanan tokoh tersebut.

Apa saja hal-hal yang dapat dipaparkan dalam sebuah teks biografi?

1. Keteladanan Tokoh

Keteladanan adalah suatu hal yang patut dicontoh dan diikuti oleh semua orang karena bersifat positif. Hal-hal yang diteladani dapat berupa sikap dan perilaku tokoh dalam memaknai hiudp.

2. Keistimewaan/Kemenarikan Tokoh

keistimewaan adalah suatu hal yang menarik, khas, dan unik yang dapat membedakan hal tersebut dengan hal lain. Hal-hal tersebut berupa hal yang tidak biasa ditemukan dalam kebanyakan orang, seperti prestasi-prestasi atau penghargaan besar yang diraih, pandangan hidup, keputusan besar yang dipilih saat berada dalam situasi sulit.

3. Permasalahan yang Dihadapi Tokoh

Permasalah adalah hal yang menjadi kendala atau beban dalam sebuah proses yang harus diselesaikan atau dipecahkan. Permasalahan tersebut bisa berupa permasalahan pribadi atau permasalahan yang menyangkut orang banyak.

Teks biografi biasa disebut narasi yang bersifat nonfiktif karena teks tersebut menganalisis dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang secara nyata tanpa rekayasa.

Dengan begitu, hal yang dikembangkan dalam teks biografi adalah riwayat hidup seseorang dan urutan peristiwa yang berkaitan dengan kehidupan tokoh. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda harus membaca dan memahami teks biografi tersebut. Adapun teks biografi sendiri memerlukan bahan atau sumber pendukung yang baik, seperti buku harian, surat-surat, koran, buku referensi, dan lain-lain.

Dengan menulis kembali, Anda dapat melatih keterampilan menulis dengan menggunakan kosakata atau kalimat Anda sendiri. Langkah-langkah dalam menulis kembali sebuah teks biografi adalah sebagai berikut:
1. membaca teks biografi dengan saksama;
2. menentukan ide pokok setiap paragraf;
3. menentukan isi pokok dalam teks biografi;
4. mengumpulkan informasi terkait penentuan ide pokok teks biografi dari berbagai sumber;
5. menyusun ide pokok sesuai struktur teks biografi;
6. menulis dalam kalimat yang runtut sehingg mudah dipahami oleh orang lain.

Makna apa saja yang terdapat dalam teks biografi?

Makna yang terdapat dalam teks biografi biasanya adalah makna denotasi dan makna konotasi.
Makna denotasi adalah makna sebenarnya yang merujuk pada makna kamus.
Makna konotasi adalah makna yang bukan makna sebenarnya atau makna kiasan.

Bagaimana ciri-ciri kebahasaan teks biografi?

1. menceritakan waktu lampau;
2. menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan peristiwa;
3. menggunakan kata yang menunjukkan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana;
4. menggunakan kata-kata yang menunjukkan nama tempat dan waktu.


Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun teks biografi.

1. Kumpulkan bahan-bahan yang harus diperhatikan dalam menyusun teks biografi.
2. Buatlah ide pokok dari teks biografi tersebut sesuai dengan struktur teks biografi yang terdiri atas orientasi (bagian pendahuluan), peristiwa atau masalah, serta reorientasi (penutup).
3. Teks biografi harus berisi informasi fakta.
4. Teks biografiharus disajikan dalam bentuk narasi atau cerita.
5. Informasi yang dituliskan harus faktual menurut peristiwa hhidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi.
6. Teks biografi memiliki komponen penting, yaitu judul; hal-hal menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan; peristiwa mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan; perilaku yang dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh.

Bagaimana memilih tokoh dan menyusun kerangka teks biografi tokoh?

Untuk menulis sebuah teks biografi, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Penulis harus menentukan tokoh yang akan Anda tulis biografinya.
2. Penulis harus memahami cara penuturan atau penggunaan bahasa dalam teks biografi tokoh.
3. Penulis harus mempunyai data yang akurat mengenai unsur-unsur penting, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, prestasi yang diraih, dan hal-hal menarik. Informasi tersebut dangat dibutuhkan karena teks biografi menceritakan pengalaman secara faktual.
4. Penulis harus mencari data pendukung yang faktual dari sumber-sumber yang dipercaya kebenaranya, baik dalam bentuk video, foto, catatan harian, dan lain sebagainya. Hal tersebut dimaksudkan agar penulis mengenal tokoh dari sudut pandang yang berbeda.
5. Setelah itu, penulis dapat menyajikan teks dengan rangkaian kalimat yang baik dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Dengan demikian, pembaca dapat memahami mengenai hal yang disampaikan penulis dengan mudah.
6. Penulis harus cermat dalam merangkai sebuah wacana dalam menyajikan teks biografi. Sebuah wacana dimulai dari bagian pendahuluan (orientasi), bagian tengah (peristiwa dan masalah), dan bagian penutup (reorientasi).
7. Orientasi merupakan bagian yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Peristiwa dan masalah merupakan bagian yang berisi peristiwa atau kejadian yang pernah dialami tokoh, termasuk masalah yang pernah dihadapinya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh diuraikan dalam bagian ini. Bagian ini disebut juga bagian inti dari teks biografi. Reorientasi adalah bagian akhir atau penutup yang berisi tentang pandangan tokoh dan penulis terhadap tokoh bersifat opsional. Biasanya bagian ini berisi tentang kata-kata motivasi dari tokoh.

Rangkuman

  • Menurut KBBI, biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, baik dalam bentuk buku maupun artikel. Biografi merupakan catatan riwayat hidup yang menguraikan perjalanan hidup tokoh beserta prestasi yang pernah diraihnya.
  • Teks biografi memuat pokok-pokok informasi meliputi hal menarik, hal-hal yang dapat diteladani, dan permasalahan yang dihadapi tokoh. Adapun struktur teks biografi terdiri atas orientasi (bagian pendahuluan), peristiwa dan masalah (bagian tengah), dan reorientasi (bagian penutup).
  • Aspek makna dan kebahasaan yang mengiringi teks biografi meliputi makna denotasi, makna konotasi, kalimat yang menceritakan pada waktu lampau, menunjukkan kata yang menunjukkan urutan waktu, menunjukkan (siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana) serta menunjukkan nama tempat dan waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Debat

INFO TEKS NEGOSIASI